Untuk peningkatan pengelolaan program pelayanan kesehatan, para Kepala Puskesmas lingkup Kab. Soppeng mengikuti Diklat Manajemen Puskesmas yang digelar oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Soppeng yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sul-Sel, di Gedung Diklat BKPSDM Kab. Soppeng, Selasa (07/02/2017).

Diklat tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak yang ditandai dengan penyematan tanda peserta yang turut disaksikan oleh Kadis Kesehatan dr. Sri Muliathy Samad, Kepala BKPSDM, Andi Mahmud beserta jajaran BKPSDM Kab. Soppeng.

Kepala BKPSDM Soppeng, Andi Mahmud menjelaskan bahwa tujuan Diklat untuk membekali peserta agar mampu mengelolah program pelayanan kesehatan dasar puskesmas secara optimal.“Dengan Diklat ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman, keterampilan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok secara profesional di Puskesmas” jelas Andi Mahmud.

Selain itu, Andi Mahmud memaparkan bahwa sasaran Diklat agar peserta mampu meningkatkan kompetensi agar bisa memahami kebijakan dasar Puskesmas dan penerapannya serta membuat perencanaan kegiatan yang berorientasi pada pemberian pelayanan kesehatan di setiap wilayah masing-masing.

Sedangkan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dalam sambutannya memberikan arahan yang mengharapkan agar Diklat itu dapat menambah pengetahuan dan wawasan tenaga kesehatan dalam melayani kesehatan masyarakat.“Mari kita lebih memahami apa tugas dan pekerjaan kita agar dapat memberikan pelayanan yang tepat dan akurat  serta lebih maksimal lagi dalam melayani masyarakat” harap Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak.

Dia juga menegaskan agar dalam memberikan pelayanan dilakukan secara profesionalisme tanpa membeda-bedakan, penuh ketelitian dan kesabaran sehingga masyarakat dapat terlayani sesuai program pemerintah yang melayani dan lebih baik.

“Kalau yang melayani sesuai keahliannya maka masalah dapat diselesaikan dengan lebih baik, sekali lagi saya tegaskan kita adalah pelayanan masyarakat, utamakan pelayanan baru administrasinya” tambahnya.

Selain Kepala Puskesmas, Diklat yang juga diikuti oleh para kepala tata usaha Puskesmas dan pegawai Dinas Kesehatan Kab. Soppeng tersebut rencananya akan berlangsung selama 4 atau sampai 10 Februari 2017 mendatang.(Hasriadi)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan