Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengharapkan perencanaan pembangunan yang dilakukan pemerintah desa agar dilakukan secara partisipatif dan disesuaikan dengan visi dan misi pemerintah Kab. Soppeng.
Hal itu diungkapkan Bupati Soppeng saat membuka Diklat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa di gedung Diklat BKDD Kab. Soppeng, Senin (28/11/2016).

“Perencanaan pembangunan desa yang ideal dilakukan oleh masyarakat desa sendiri secara partisipatif, karena masyarakat desalah yang jauh lebih tahu dan mengerti apa masalah sesungguhnya di desanya, dan potensi apa yang bisa digali untuk dikembangkan demi kemajuan desa” tutur Bupati Soppeng.

“Dalam menyusun rencana pembangunan mengacu pada perencanaan pembangunan daerah Kab. Soppeng dan Visi dan misi pemerintah daerah kabupaten” tambah Bupati Soppeng.

Bupati yang juga mantan ketua DPRD Soppeng itu menjelaskan agar Diklat yang diikuti para Sekretaris dan aparat desa tersebut juga dijadikan moment untuk menyatukan persepsi dalam rangka membangun kesepahaman sekaligus membuka wawasan dalam penyusunan RPJM Desa-RKP Desa.

Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Diklat (BKDD) Kab. Soppeng bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Adminiatrasi Negara (STIA-LAN) Makassar tersebut diikuti 49 peserta dan rencananya akan berlangsung sampai Kamis 1 Desember mendatang.

10282016172331.jpg

“peserta dibekali dan diberikan pemahaman agar mampu menerapkan dan mewujudkan perencanaan pembangunan desa sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan keadaan masyarakat setempat” kata Ketua BKDD Soppeng, Andi Mahmud.(Hasriadi)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan